Namanya Abadi Sebagai Aliran Sungai Bogowonto, Makam Kramat Kyai Bogowonto Terdampak Bendungan Bener Dipindah

Proses Pemindahan Makam Kyai Bogowonto
Proses Pemindahan Makam Kyai Bogowonto

Purworejo, Islampers.com – Masyarakat Desa Nglaris melakukan pemindahan makan keramat Mbah Kyai Bogowonto yang terletak di Desa Nglaris, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (23/08/2022) kemarin.

Pemindahan makam keramat ke lokasi lain tersebut lantaran terkena dampak pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener. Proses pemindahan makam keramat dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat Nglaris walaupun anggaran pemindahan belum cair dan beberapa lahan milik warga belum mendapatkan Uang Ganti Rugi (UGR) namun masyarakat tetap mendukung dengan adanya Bendungan Bener.

Sebelum acara pemindahan makam keramat Kyai Bogowonto terlebih dahulu diadakan doa bersama yang berlokasi di makam Nyi Lungguh Nglaris.

Kepala Desa Nglaris Nirman menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Nglaris yaitu proses pemindahan makam Kyai Bogowonto yang akan di pindahkan di tempat pemakaman Nyi Lungguh Dusun Jumbleng masih ikut Desa Nglaris.

“Kegiatan ini adalah untuk melangsungkan secara ritual yang berkaitan dengan budaya atau salah satu kegiatan yang harus di lestarikan oleh masyarakat Desa Nglaris. Bahwa kita sebagai umat beragama Ahlussunnah Wal Jamaah maka para pepunden yang telah berjuang dulu untuk bisa di kenang sampai kapanpun,” kata Nirman.

Lebih lanjut, Nirman mengungkapkan, bahwa proses tersebut tidak selesai sampai disini, supaya sampai menjadi cakar budaya dan untuk menjadi sejarah kepada anak cucu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat kalau orang-orang yang dulu telah berjuang memberikan nuansa baik kepada masyarakat.

“Alasan dipindah makam keramat kyai Bogowonto ini Karena lokasi makam tersebut akan terkena genangan air PSN Bendung Bener,” ungkapnya.

Diceritakan sedikit sejarah singkat Kyai Bogowonto dari cerita masyarakat bahwa beliau merupakan sosok tokoh yang pertama kali menginjakan kaki (babat alas) di Desa Nglaris. Pada waktu itu Mbah Kyai Bogowonto mempunyai anak menantu yang namanya Ki Nglaris dan dari situlah membentuk suatu pemerintahan di Desa Nglaris.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Relevant